Daftar Maskapai Penerbangan International di Indonesia

Daftar Maskapai Penerbangan International di Indonesia, Dalam dunia penerbangan, ada dua jenis rute penerbangan, yaitu domestik dan international. Jika hendak melakukan perjalanan di wilayah yang ada di Indonesia saja, maka rute penerbangan yang diambil adalah domestik.

Sementara ketika perjalanan adalah antar negara yang berbeda, maka rute penerbangan yng diambil adalah international. Lalu apa saja Maskapai Penerbangan International di Indonesia? Berikut ulasannya.

Daftar Maskapai Penerbangan International di Indonesia

Ada beberapa maskapai penerbangan dengan biaya penerbangan rendah di antaranya termasuk Lion Air, Indonesia AirAsia dan Citilink, yang termasuk dalam anak perusahaan Garuda Indonesia. Sementara untuk maskapai penerbangan yang melayani rute penerbangan international adalah :

  1. Airfast Indonesia
  2. Aviastar (Indonesia)
  3. Batik Air
  4. Citilink
  5. Garuda Indonesia
  6. Indonesia AirAsia
  7. Lion Air
  8. Sriwijaya Air
  9. Susi Air
  10. TransNusa Air Services
  11. Wings Air

Peraturan Tentang Maskapai Penerbangan di Indonesia

Untuk membuat lingkungan penerbangan yang lebih baik, Kementerian Perhubungan merilis Permenhub No. 45/2015 pada bulan Februari 2015. UU ini mengatur tentang Persyaratan Kepemilikan Modal (Persyaratan Modal), yang menyebutkan bahwa untuk maskapai baru harus memiliki modal Rp300 miliar.

Modal itu harus dibayarkan untuk setiap pesawat dengan kapasitas maksimum 70 kursi dengan penerbangan yang terjadwal. Kemudian perusahaan penerbangan juga harus membayarkan modal sebesar Rp500 miliar untuk kapasitas lebih dari 70 kursi.

Sementara bagi pesawat dengan kapasitas maksimum 70 kursi namun memiliki jadwal penerbangan yang tidak dijadwalkan maka persyaratan modal yang dikeluarkan adalah sebesar Rp150 miliar. Selain itu setiap maskapai penerbangan harus menyampaikan laporan keuangan mereka yang diaudit oleh akuntan publik

Baca Juga : Syarat Masuk Pelatihan Pramugari Pramugara FAAST Penerbangan

Pada 12 Januari 2012, semua maskapai penerbangan terjadwal Indonesia harus beroperasi dengan setidaknya sepuluh pesawat terbang, dan minimal harus memiliki lima pesawat. Kementerian Perhubungan memiliki hak untuk mencabut sertifikat operasi jika ada maskapai penerbangan yang tidak mematuhi peraturan yang termaktub dalam Undang-undang Nomor 1, 2009 tentang transportasi udara.

Penerapan peraturan tersebut ditunda selama satu tahun. Sementara pada waktu yang ditunda, perusahaan penerbangan harus memberikan rencana bisnis dan surat kontrak untuk menyewa pesawat setidaknya selama satu tahun ke depan.

Pelarangan terkait keselamatan penerbangan Indonesia yang terbang ke negara-negara Uni Eropa telah diangkat sejak tahun 2009. Beberapa maskapai penerbangan yang pad tahun 2009 diberi larangan untuk beroperasi ke negaa-negara di Eropa adalah Garuda Indonesia, Airfast Indonesia, Mandala Airlines, Indonesia AirAsia dan Batavia Air.

Kebijakan Maskapai Penerbangan Kepada Penumpang

Sejak 1 Januari 2012, maskapai penerbangan harus memberikan voucher kepada setiap penumpang. Voucher tersebut adalah sebagai kompensasi atas penerbangan yang tertunda lebih dari empat jam. Voucher tersebut harus dapat dicairkan pada hari itu atau keesokan harinya.

Cuaca buruk atau masalah operasional dan teknis, seperti penundaan pengisian bahan bakar atau landasan pacu yang rusak dikecualikan dari persyaratan ini. Untuk penerbangan yang dialihkan ke tujuan lain, perusahaan penerbangan harus membuat semua pengaturan yang diperlukan untuk mengarahkan penumpang ke destinasi asal mereka ditambah kompensasi sebesar Rp.150.000.

Setiap pembatalan penerbangan harus dilakukan tujuh hari sebelum penerbangan dan penumpang akan menerima pengembalian dana penuh dan pembatalan dalam waktu tujuh hari setelah keberangkatan. Maskapai penerbangan harus membayar kompensasi yang sama dengan nilai tiket di atas pengembalian dana yang utuh.

Informasi Sekolah Penerbangan

Bagi kalian yang berminat bekerja di dunia penerbangan, seperti menjadi pramugari, pramugara, ataupun staff penerbangan tidak ada salahnya mengikuti pendidikan di sekolah penerbangan. FAAST Penerbangan merupakan salah satu sekolah penerbangan terbaik yang ada di Indonesia.

FAAST Penerbangan memiliki fasilitas yang memadai, didukung dengan instruktur yang berpengalaman dibidangnya, serta biaya pendidikan yang terjangkau membuat sekolah ini menjadi sekolah penerbangan yang wajib kalian pilih. Untuk informasi selengkapnya kalian bisa mengunjungi website FAAST Penerbangan.

Demikian ulasan tentang Daftar Maskapai Penerbangan International di Indonesia. Semoga dapat bermanfaat.